Menjadi Guru Hebat Melebihi Gugel

Sepertinya ingin menjadi guru yang lebih hebat dari gugel itu amat sangat susah, bahkan mungkin hanya mimpi yang tak akan pernah terwujud. Karena kita tahu bahwa saat ini semua orang sudah sangat bergantung pada gugel. Dari mulai anak-anak, remaja, orangtua, semua tak lepas dari gugel.

Tapi saya rasa pandangan itu salah, hal ini terlintas setelah saya mengikuti Pelatihan Pemanfaatan TIK dan Digital Literasi di Wisma UNJ, yang penyelenggaranya adalah Komunitas Guru TIK dan KKPI bekerjasama dengan PUSTEKOM. Pelatihan ini dilaksanakan pada Rabu, 14 Desember 2016. Pesertanya tak lain adalah guru-guru TIK se-jabodetabek.

Yang menarik dari pelatihan ini di mata saya adalah, saat sesi ke 3 saat itu pematerinya adalah Bapak Namin AB Ibnu Sholihin, seorang guru inspiratif yang telah berkeliling Indonesia untuk memberikan pelatihan-pelatihan bagi guru dan pendidik, baik di sekolah maupun kampus.

Saat itu beliau bertanya kepada seluruh peserta pelatihan, “Bisakah kita hebat melebihi Gugel?” dan pertanyaan itu hanya kita yang bisa menjawab. Menurut saya sudah seharusnya kita sebagai pendidik, bisa lebih hebat daripada Gugel, meskipun tidak di semua sudut pandang. Karena kita makhluk hidup, bisa berbicara, bisa membedakan baik buruk, memiliki logika, dan kasih sayang. Berbeda dengan Gugel yang hanya benda mati, hanya aplikasi, yang hanya menjawab jika ditanya, tidak bisa membedakan yang baik dan yang buruk dan tidak punya perasaan.

Jika Gugel hanya memberikan dan menyajikan yang anak didik kita mau, tanpa bisa menyaring dan mengingatkan mereka ketika mereka terjerumus ke hal-hal negatif, hanya terus memberi ketika mereka minta, lain halnya dengan guru dan pendidik yang bisa memilah-milah hal-hal baik yang diberikan ke anak didik. Menyaring dan mengingatkan ketika mereka melenceng ke arah negatif. Bahkan menjadi obat bagi mereka dengan nasehat yang menyejukkan. Guru juga mempunyai pundak, mata dan tangan yang akan membuat anak merasa nyaman.

Lantas apakah kita, guru hanya mengandalkan itu? Kalau ingin lebih hebat dari Gugel, hendaknya kita bisa menjadi pengajar yang melek ICT, yang tahu apa yang dibuka di Gugel setiap saat oleh anak-anak dan murid kita, yang bisa membentengi anak dari jahatnya internet, yang bisa menciptakan hal yang lebih menarik misalnya dengan membuat media-media pembelajaran yang menarik.

Semoga Guru TIK bisa menjadi garda depan dalam menyelamatkan Generasi Muda Indonesia dari kejahatan internet dan teknologi.  Walaupun kurikulum tidak bersahabat dengan kami, tetapi tekad kami untuk tetap mengajarkan TIK yang sehat untuk anak didik kami tak pernah luntur. Jangan sampai siswa/i kita terjajah di negeri sendiri dengan adanya penghapusan mapel TIK di Indonesia. #savetikkkpihargamati

Advertisements

6 thoughts on “Menjadi Guru Hebat Melebihi Gugel

  1. Pingback: Menjadi Guru Hebat Melebihi Gugel | TARI JOLALI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s